Pages

Stek Pucuk Jambu Air Pada Kendi Irigasi


 Sayang rasanya melihat pucuk-pucuk tunas terbuang percuma ketika kita  melakukan pemangkasan bentuk pada koleksi jambu air yang langka maka 
kita memutuskan untuk memasukkan potongan stek pucuk jambu air kedalam kendi irigasi yang ada pada tabulampot delima, hasilnya sungguh menakjubkan, dalam waktu 1 bulan tampak daun tidak layu dan perakaran yang berwarna putih mulai terbentuk di pangkal tunas...
 Tunas pucuk yang baik yang dapat di 'hydro stek'  adalah tunas pucuk setinggi 10 - 15 cm yang pangkal tunasnya sudah berwarna kecoklatan, keberhasilan stek tunas pucuk yang masih berwarna hijau sangatlah rendah, kecuali jika larutan kultur jaringan digunakan sebagai medianya.
Walaupun daun pada stek diperlukan untuk pembentukan akar, tapi daun yang jumlahnya terlalu banyak akan mengurangi tingkat keberhasilan proses stek, daun pada tunas perlu dikurangi jumlahnya hingga 3-5 daun kecil saja. Pengurangan ini dimaksudkan agar tidak terjadi penguapan air yang berlebihan pada daun yang dapat menyebabkan kematian stek. 
Untuk merangsang pertumbuhan akar agar tumbuh lebih cepat, larutan perangsang akar seperti Liquinox Start, Grow Quick, dan LigroVit dapat diaplikasikan pada larutan irigasi dalam kendi. kita lebih menyukai penggunaan Liquinox Start untuk alasan adanya kandungan Phosphoric Acid (P2O5) di dalamnya yang tidak dimiliki merek lainnya. Berbeda dengan merek lainnya yang hanya melengkapi produknya dengan hormon NAA, IBA, dan vitamin B1, Phosphoric Acid (P2O5) di dalam Liquinox Start diperlukan tanaman sebagai nutrisi untuk pembentukan dan pertumbuhan akar.
Untuk mengunakan Liquinox Start, larutkan 1 sendok makan Liquinox Start pada 4 liter air yang akan digunakan untuk pengairan irigasi kendi. Isi kendi irigasi dengan larutan kemudian masukkan stek tunas pucuk ke dalam kendi. Pastikan setiap hari agar ketinggian larutan di dalam kendi tidak kurang dari 1/4 tinggi kendi. Untuk amannya dinding luar kendi dapat di beri lapisan kedap air sampai ketinggian dimaksud yaitu 1/4 tinggi kendi.
Penggunaan zat perangsang pertumbuhan akar pada sistem irigasi kendi tidak saja bermanfaat untuk media stek tunas pucuk, tetapi sistem perakaran tanaman utama tabulampot akan tumbuh dengan subur karena sistem perakarannya akan ikut terangsang untuk tumbuh dan pada gilirannya juga akan membuat tunas cabang dan tunas daun bermunculan serta bunga/buah tidak mudah rontok.
Setelah 3 bulan, atau jika dilihat jumlah akar sudah cukup banyak dan kuat, maka stek dapat dipindahkan ke dalam polybag untuk aklimatisasi sebelum dapat dipindahkan ke lapangan/kebun. 
Botol kemasan 500ml eks minuman air mineral juga bisa  kita gunakan untuk keperluan stek pucuk jambu air jika  kita ingin memberikan pengalaman pada putra-putri tersayang tentang bagaimana suatu jenis tanaman dapat diperbanyak secara vegetatif sebelum menanamnya pada lahan tidur, hal kecil yang dapat membuat kita lebih mencintai bumi kita.

sumber : http://lembahpinus.com


No comments:

Post a Comment