Pages

Cara Menata Taman Minimalis untuk Hunian

cara menata taman minimalis
Cara menata taman minimalis mungkin akan sangat kita butuhkan, terlebih bagi kita yang memiliki hunian dengan konsep serupa. Saat ini, memiliki hunian dengan konsep minimalis sedang sangat digandrungi. Hal ini disebabkan karena konsep hunian yang seperti itu dapat memberi kesan simple dan modern sekaligus. Bagi kita yang memiliki kepribadian yang tidak suka bertele-tele dan selalu memandang jauh ke depan, konsep hunian seperti inilah yang cocok untuk kita. Akan tetapi, konsep hunian tersebut juga memiliki kekurangan, yaitu pada minimalnya lahan yang tersedia sehingga akan sulit bagi kita untuk dapat memiliki taman di rumah kita. Padahal, dengan isu pemanasan global yang sedang kita hadapi saat ini, keberadaan taman sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena dengan adanya taman, kita dapat membantu penghijauan dalam skala kecil, setidaknya untuk kepentingan kita sendiri.
Taman dengan banyak tumbuhan hijau memiliki banyak manfaat karena dapat membantu menyerap polusi dan merubahnya menjadi oksigen. Selain itu, taman juga bisa kita gunakan sebagai penyeimbang rumah kita agar tidak tampak terlalu kaku dan pucat. Mengingat pentingnya peran taman untuk rumah kita, maka kita perlu melakukan bebrapa hal agar kita dapat memiliki taman yang fungsional walaupun hunian kita berkonsep minimalis. Ada beberapa cara menata taman minimalis yang dapat kita terapkan pada rumah kita, antara lain:
  •  Memilih tanaman yang tepat. Kita harus dapat memilih tanaman yang tidak akan tumbuh terlalu besar dan membutuhkan banyak lahan. Tanaman yang tumbuh dalam pot akan lebih cocok untuk ditempatkan di taman minimalis kita, misalnya Caladium Linium, Calathea Majestic, serta Yang Liyu.
  • Jika ingin memiliki tanaman bunga, kita dapat memilih alternative bunga-bunga kecil seperti Kembang Merak, Alamanda, Terompet, Melati dan Kemuning.
  • Unsur air juga dapat kita hadirkan pada taman kecil kita dengan cara menempatkan kolam mini atau air mancur kecil di taman kita. Suara gemericik dari air tersebut dapat memberikan relaksasi tersendiri untuk kita. Selain itu, air juga dapat membantu proses siklus oksigen pada hunian kita.
  • Bagi kita yang tetap menginginkan kehadiran pohon di taman mungil kita, kita dapat memilih jenis pohon yang berbatang ramping seperti ceremai, srikaya, atau delima.
  • Penataan pot pad ataman minimalis juga perlu diperhatikan agar walaupun taman kita penuh dengan tanaman namun tidak terlihat penuh dan sesak.
Dengan demikian, kita tidak perlu khawatir lagi akan kebutuhan kita terhadap keseimbangan alam untuk hunian kita yang memiliki konsep modern dan minimalis sekalipun. Selalu ada jalan keluar untuk setiap masalah dan mulai saat ini kita sudah dapat menyiasati minimnya lahan rumah kita dengan melakukan cara menata taman minimalis.

Sumber: http://lovira.com


1 comment:

  1. makasih untuk infonya yang bermanfaat ini ,karna saya ingin menata taman halaman Rumah terbaru kami

    ReplyDelete